Setiap hidup mempunyai hak untuk merasakan sesuatu yang disebut 'damai'. Tapi kedamaian adalah bukan tentang hidup, tapi kedamaian adalah tentang bersyukur dan keikhlasan.

Sabtu, 04 Mei 2013

:)

layang-layang yang terbang tinggi itu ternyata hanyalah sebuah bidang datar yang mempunyai empat sisi dan terbuat dari kertas yang dibentuk sedemikian rupa sehingga mempunyai kemampuan dan potensi untuk bisa melayang tinggi melebihi apa yang diharapkan dari dia. Kumpulan dari berbagai barang yang tidak berpotensi terbang, yang mempunyai benang panjang ditubuhnya dalam rangka untuk bisa mengendalikan dia dan menerbangkannya. Benang dan layang-layang itupun membutuhkan seseorang yang mempunyai ahli dalam menerbangkan layang-layang sehingga tujuan yang ingin dicapai dapat terwujud.

???


Api yang merah menyala itu juga mampu membuat rumput lebat yang berwarna hijau itupun berubah menjadi padang
gersang yang berwarna hitam. Padahal dipinggirnya terdapat genangan air yang tentu saja air adalah musuh abadi dari sang api yang membahayakan keberadaannya. Namun, sang api tampak gagah menyala walaupun dia tahu bahwa dia bukanlah tandingannya kalau dilihat dari segi jumlah. Karena sang api tahu bahwa angin akan selalu membuat dirinya bertahan untuk mendukungnya, walaupun terkadang angin bisa saja menjadi pembunuh baginya jika angin mau.
Mungkin sang layang-layang coba memberitahukan kepadaku bahwa kumpulan dari berbagai ilmu dapat membuatmu terbang menuju ke puncak tujuan hidup dengan diimbangi kontrol seimbang dari sang benang kehidupan untuk mengarahkan tujuanmu. Dan yang berperan penting dalam pengendalian mereka adalah dirimu. Atau sang api juga ingin membisikkan bahwa semua rintangan dapat kita terjang selama kita berani untuk menerima risiko perbuatan dan menyadari bahwa ada kekuatan pendukung dibelakang yang tak pernah kita sadari yang dikarenakan kita adalah mahluk sosial. Walaupun terkadang sang pendukung adalah juga dapat berevolusi sebagai predator kehidupan.
Dalam kehidupan memang banyak sekali hal-hal yang ada diluar jangkauan kita, banyak rahasia yang tersimpan rapi menunggu untuk diungkapkan. Salah satu rahasia yang menarik untk dimengerti adalah rahasia yang berada di dalam hati kita masing-masing. Bagaimana mungkin hati yang hanya berukuran kecil mampu mewakili seluruh hidup kita ini,bahkan sang pemilik hati pun masih belum bisa mengenal dengan dekat apa yang ada di dalam hati ini. Ketika hati ini tanpa kita sadari sudah menjadi hitam pekat, perilaku kita pun talah menjadi bejad. Memang sungguh sangat memilukan apa yang ada dalam kehidupan yang fana ini, dan saya kira hati adalah pihak yang paling bertanggungjawab untuk menanggung itu semua, hati yang hanya berukuran segitu saja. Yah, segitu.
Sebagai seseorang yang kurang peka terhadap apa yang hati ini rasakan, saya sungguh merasa kesulitan sekali untuk bisa mengungkapkan semua isi hatiku ini, dan saya rasa itu memang tidak mungkin untuk seseorang seperti saya untuuk bisa mengungkapkannya. Namun dengan menuliskannya mungkin itu cukup membantu untuk diriku ini dalam upaya untuk mengungkapkan hati ini.
Saat ini saya sedang dalam upaya untuk bisa membuat hati ini merasa tenang. Dan saya kira aku adalah seseorang dengan hanya mempunyai sedikit masalah. Dan saya sungguh bersyukur akan hal itu, karena hanya mempunyai sedikit masalah saya mulai menyadari bahwa ‘kegalauan’ yang selama ini menghinggapi diriku adalah dikarenakan hati ini yang belum dapat saya kontrol sepenuhnya, dan sekarang saya telah memutuskan untuk dapat mengendalikan perasaan ini yang seenaknya sendiri. Kegalauan dalam hidupku jika saya pikirkan terjadi hany beberapa hal sepele saja yang terus saya pikirkan sehingga terkadang saya telah terjebak di dalam kegalauan yang dalam yang saya sendiripun telah melupakan sebab awal dari apa yang saya rasakan.
Saya pikir saya terlalu banyak menyebutkan kata galau yang padahal hati ini jarang sekali untuk merasakannya. Sehingga kata-kata itu pun seperti doa yang terkabulkan, yang telah membuatku terjebak didalam hati yang galau tersebut. Dan ketika aku tersadar, itu sugguh memalukan sekali menyadari penyebab hal tersebut. Memang pengalaman adalah guru yang baik sekali.
Saya rasa sekarang saya telah menemukan penyebab dari galau tersebut, namun tanpa kusadari saya telah menemukan hal lainlagi yang lebih penting dalam menentukan kebahagiaan didalam hidupku ini, hal itu sungguh baru saya sadari setelah saya melihat perbedaan kehidupan di diantara tempat tinggalku dan ditempat kuliahku, disamping pengalaman ternyata lingkungan pun dapat menajdi guru yang baik lainnya. yah samapi saat ini saya telah diajari oleh pengalaman untuk menyembuh kan rasa sakit dihati ini, dan saya telah menemukan bahwa dari lingkungan saya diberi tantangan. Sebuah tantangan besar, yang memaksaku untuk dapat melakukan suatu hal, yaitu ‘pengendalian hati’.
But how to control my heart, i think my teacher will teach me!!! Soon or later

1 komentar: